Ads 468x60px

Wednesday, December 15, 2010

Kunci Sukses TransTV

Sembilan tahun sudah Trans TV hadir di Indonesia. Dahulu awal munculnya Trans TV, hadir Liga Spanyol di Trans TV. Acara unggulannya pertama kali muncul adalah Ceriwis, serta komedi situasi "Bajaj Bajuri". Trans TV terus mengembangkan diri dengan acara-acara yang menghibur, sampai-sampai membeli televisi yang bernama TV7 yang kemudian berubah menjadi Trans|7. Diantara televisi nasional yang ada, hanya Trans TV yang tidak menayangkan Sinetron, yang menurut saya sinetron saat ini sudah semakin menjijikan. Hanya mengejar rating belaka, jika rating naik cerita terus diperpanjang entah sampai episode keberapa.

Menurut pandangan saya sebagai pemirsa televisi, Trans TV selalu menyajikan acara-acara yang penuh kreatif dan inovatif. Meskipun saya sayangkan acara pencarian bakat IMB, hasil jiplakan dari acara serupa yang sudah tenar di luar negeri. Tetapi Trans TV menyajikannya dengan luar biasa, sehingga tetap memukau masyarakat Indonesia. Ada beberapa point penting dalam kesuksesan Trans TV & Trans|7:

1. Kontrak Eksklusif
Hampir semua artis yang muncul di transtv atau trans|7, ya hanya muncul di transtv atau trans|7. Menurut saya sebagai orang awam, ini yang dinamakan kontrak eksklusif. Jadi sang artis di kontrak untuk tampil hanya di televisi milik trans corp. Misalkan saja "Jeng Kellin", siapa yang tidak kenal dengan tokoh ini. Dia hanya muncul di televisi milik trans corp, belum pernah saya melihat muncul di televisi lain.

2. Acara di Buat Sendiri
Acara-acara yang muncul di transtv atau trans|7, hampir semuanya di buat sendiri. Jarang sekali ada acara yang di beli dari sebuah rumah produksi. Mulai dari Berita, Acara Gossip, Kuis bahkan serial yang ada di transtv di buat sendiri. Jika masih ingat serial "Angel Diary" atau "86", transtv-lah yang memproduksinya. Bahkan soundtrack-nya "ketika Kau Menyapa" yang dinyanyikan Soul Corp, di antara personel-nya Soul Corp adalah Wishnutama sebagai pemain bass. (wishnutama: dirut transtv)

3. Tanpa Jeda Iklan
Biasanya, setelah acara berakhir ada jeda iklan di antara acara usai dan acara baru yang akan mulai. Tetapi tidak di Transtv dan Trans|7. Setelah acara selesai langsung dimulai acara selanjutnya. (coba sekali2 perhatikan ketika acara trans usai). Menurut saya, hal ini membuat pemirsa setia transtv tidak akan beranjak dari tempat duduk untuk terus menonton acara yang di hadirkan di transtv.

Tulisan di atas ditulis oleh pemirsa televisi biasa yang terdecak kagum dengan acara yang di transtv yang selalu menghibur. Terutama acara anak-anak yang hadir di trans|7, acara anak-anak yang banyak di isi pengetahuan-pengetahuan baru dengan kemasan yang menarik. Kini Transtv & Trans|7 berusia 9 Tahun dan semakin 9emilang.

3 Comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Instagram

Instagram

Statistics


Visit Indonesia

visit indonesia Warung Blogger