
Dari pengalaman pertama saya mengikuti job fair, ada beberapa tips yang perlu yang bagi:
1. Cek Nama Perusahaan
Sebelum anda memastikan masuk ke job fair. Cek nama-nama perusahaannya terlebih dahulu. Ada berapa perusahaan yang mengikuti job fair. Jangan sampai hanya sedikit perusahaan yang mengikuti, padahal HTM cukup mahal.
2. Bawalah Uang
Biasanya HTM acara job fair cukup lumayan menguras saku. Biayanya antara Rp 20.000 – Rp. 30.000. Berhubung biayanya cukup mahal, harus di imbangi dengan memasukan lamaran. Anggap saja jika mengirim lamaran via pos ke perusahaan butuh perangko Rp 5000 – Rp 6000. Jadi minimal saat job fair harus memasukan lamaran minimal 4 lamaran. Supaya tidak rugi-rugi amat.
3. Berpakaian Rapi
Ada beberapa perusahaan saat job fair, langsung melaksanakan interview. Maka itu gunakanlah pakaian rapid an pakai sepatu. Agar saat interview penampilan anda rapi.
4. Bawa CV Lengkap
Dari pengalaman saya melihat lowongan di Internet dan di Koran. Jarang sekali perusahaan menyertakan syarat “kirimkan CV, Photo Terbaru dan Dokumen Pendukung” biasanya langsung menggunakan istilah CV Lengkap. CV lengkap yaitu CV, Photo dan dokumen pendukung lainnya. Jadi siapkanlah dokumen-dokumen secara lengkap jangan sampai ada yang tertinggal.
5. Bertanya Sebelum Melamar
Sebelum anda meletakan CV dan lamaran. Sebaiknya tanyakan selengkap-lengkapnya tentang posisi yang ditawarkan perusahaan tersebut. misalnya Job Desc-nya apa, akan ditempatkan di wilayah mana. Selain akan menambah wawasan kita tentang posisi tersebut, hal ini akan menambah keyakinan kita bahwa sudah sesuai dengan kualifikasi yang kita punya.
Itulah beberapa tips yang bisa saya bagikan. Jika ada tips tambahan dilakan berkomentar. Mudah-mudahan dapat bermanfaat dan anda dan saya dapat segera memperoleh pekerjaan yang cocok, Amien.
terima kasih tips nya, sangat bermanfaat bagi saya. besok mau ikut job fair.
ReplyDeletesalam.