Ads 468x60px

Saturday, November 19, 2016

Cara Refund Tiket Nam Air


Nam Air? Bagi yang jarang berpergian menggunakan pesawat. Maskapai ini mungkin terdengar cukup asing. Tapi Nam Air itu bukan maskapai setelah Lima Air atau sebelum Tujuh Air #apacoba. Sayapun mendengar maskapai ini karena cukup sering cari-cari tiket pesawat. Tapi cari doank ya beli mah jarang bet, hahaa. Pernah juga mendengar pengalaman teman menggunakan maskapai yang satu grup dengan Sriwijaya Air.

Setelah sekian lama cuma mencari tiket. Saya berkesempatan juga membeli tiket maskapai ini, untuk kepergian Solo-Jakarta. Kebetulan ayah saya membutuhkannya untuk perjalanan tersebut. Tapi pengalaman kurang menyenangkan terjadi. Secara sepihak Nam Air memindahkan jadwal penerbangan Solo-Jakarta di tanggal 17 November 2016, semula pukul 13.30 menjadi 11.00. Karena jarak jam yang tidak terlalu jauh. Ayah saya terima saja.


Tetapi Nam Air sekali lagi me-reschedulenya lagi menjadi jam 07.00 dan maksimal check in jam 06.00, Whaat! Jadwal semula tengah hari bolong berubah menjadi pagi buta. Hmmm, kzl juga dengan tindakan Nam Air ini. Akhirnya saya putuskan untuk meminta refund. Dalam informasinya, Nam Air melengkapinya dengan No. telepon customer service (021-2927-9777). Jadi kita tidak perlu gooling dulu atau yahooing untuk mencari nomor CS Nam Air (eh, yahoo masih ada ya?!).

Setelah telepon CS Nam Air, tiket bisa dibatalkan dan bisa di refund 100%. Di ulang ya 100% (-biaya agen). Jadi tiket bisa dibatalkan hanya dengan menelepon CS Nam Air. Lalu bagaimana prosedur pengembalian uangnya?! Kami diminta untuk mendatangi kantor Sriwijaya Air di Jalan Melawai Raya No 193 Jakarta dengan membawa Kartu Identitas dan Buku Tabungan (untuk mentransfer dana) dan tidak bisa diwakilkan. Jadi si penumpang sendiri yang harus mendatangi kantor Sriwijaya Air untuk melakukan refund. Ohh iya, kebetulan saya tinggal di Jakarta, jadi harus mendatangi kantor tersebut. Untuk di kota lain saya tidak tahu. Kantor Sriwijaya Air ini 24 Jam lho.

Saat mendatangi kantornya untuk refund. Kita cukup menginformasikan kode bookingnya ke mbak counter dan voila, semua datanya keluar. Prosesnya cukup mudah tidak belibet, seperti hubungan kau dan aku #apacoba. Mbak Counternya juga ramah, berjilbab lagi jadi bikin adem. Ketika saya ke kantornya masih pagi, jadi sepi. Entahlah kalau pergi siangan, rame atau gak. Dana hasil refund akan dikirimkan ke rekening 7-14 hari, jadi harus sabar.

Jadi kalau jadwal pesawat Nam Air/Sriwijaya Air kita di reschedule sepihak, kita bisa:
1. Meminta ganti tanggal terbang dengan jam yang sama, bisa mundur 1 hari atau maju 1 hari
2. Meminta refund, 100% (-biaya agen) akan di ganti duit kita
3. 2 Point di atas hasil tanya-tanya sama mbak counter


Di artikel ini saya tidak menginformasikan cara refund yang disebabkan karena kita sendiri yang minta pembatalan, pihak Nam Air mau mengembalikan Full karena perubahan jadwal dilakukan oleh pihak Nam Air.


Instagram

1 Comments:

  1. the layout of the blog was cool but since i coldn't really understand what was written as it was in a different language it kind of put me off. a tip for the blogger wod be to write his blogs in a neutral language like English or have the option of translating it!

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Instagram

Instagram

Statistics


Visit Indonesia

visit indonesia Warung Blogger