Ads 468x60px

Sunday, April 10, 2016

5 Tipe Traveler

Berpergian, jalan-jalan, siapa yang tidak ingin?! Kalau bisa saya jalan-jalan terus, tapi tetap mendapatkan penghasilan. Hahaa, entah gimana caranya itu. Tapi pasti bisa. Ada quote menarik mengenai traveling, "Traveling is not about destination, It's about journey". Jadi jalan-jalan itu bukan tentang tempat wisata, tapi proses menuju tempat wisata. Setelah di translate kok jadi aneh ya, hahaa. Ya itulah pokoknya, tidak terlalu penting tujuan wisatanya, tapi proses menuju tempat itu yang bikin seru.


Beberapa rekan sayapun menyukai pergi-pergi, tapi tipenya berbeda-beda. Ada beberapa tipe traveler yang saya analisa dari beberapa teman nih.

1. Hotel Lovers
Traveler tipe ini lebih senang menghabiskan liburannya di hotel. Tentu saja hotel yang memiliki fasilitas lengkap, kolam renang, taman yang cantik arena bermain anak dan lainnya. Menyenangkan memang bisa menikmati hotel dengan fasilitas yang luar biasa. Tetapi budget yang harus disiapkan juga tidak sedikit.
Ada lagi teman saya yang senang mendekam di hotel di siang hari, dan mulai berkeliaran di malam hari. Liburan macam apa itu?! alasannya sederhana, kalau siang panas.

2. Pecinta Alam
Seru nih, tipe ini rajin berwisata alam. Gunung, pantai, danau, air terjun, sungai, embung, umbul. Mata kita bisa dimanjakan dengan berbagai macam pemandangan yang indah. Apalagi Indonesia surganya wisata yang seperti ini. Cukup banyak teman-teman saya yang senang liburan dekat dengan alam. Tapi harus disadari, tujuan berwisata dengan alam tidak boleh manja. Kita harus mempersiapkan fisik yang cukup, bahkan harus mempersiapkan peralatan khusus. Hal yang paling penting, jangan membuang sampah sembarangan. Karena saya benci sekali melihat sampah ketika berwisata alam.

3. City Tour
Penjelajah kota, asik memang wisata menjelajahi kota. Pastinya berbeda ketika kita menelusuri keindahan alam. Tipe ini umumnya orang yang suka dengan sejarah dan keunikan kota. Mulai dari bangunan tempo doeloe, angkutan kota yang unik sampai kuliner lokal yang mengiurkan. Tapi kalau senangnya tour keliling mall tidak termasuk tipe ini ya. Gak asik ah, jalan-jalan kok 'nge-mol'.

4. Overseas
Nah, kalau ini tipe traveler yang lebih senang menghabiskan liburan ke luar negeri. Tidak ada salahnya dengan tipe ini. Selama mempersiapkan bugdet yang cukup untuk berpergian ke luar negeri, karena ada biaya pasport dan visa untuk beberapa negara. Mempelajari budaya luar negeri juga menarik.

5. Ngikut Aja
Tipe traveler seperti ini ada plus dan minusnya. Plusnya adalah dia mau kemana aja ok, mau makan di mana aja ok, mau menginap di mana saja ok namanya juga 'ngikut aja'. Tapi sekalinya salah satu tidak ok, nah lho bisa pundung sepanjang perjalanan. Beruntungnya saya belum pernah menemukan teman saya yang tidak ok, rata-rata ngikut aja yang penting happy ^^.

Itu beberapa tipe traveler dari beberapa teman saya. Tentunya banyak tipe-tipe lain, banyak artikel-artikel yang lebih banyak lagi menjabarkan tipe-tipe traveler. Tapi saya kupas dari teman-teman saya saja, yang lingkupnya tidak terlalu luas. Nah, kamu tipe traveler yang mana?


3 Comments:

  1. Saya termasuk yang nomor 2 kak, suka banget jalan-jalan ke alam. Ya namanya juga tinggal di kota ya harus liburan ke alam dong hehe :D
    Salam kenal mas Bayu..nama kita kebetulan sama haha

    ReplyDelete
  2. ngikut aja okeh dan pemandangan keren kak hehe mantap

    ReplyDelete
  3. kalo gue mungkin campuran dari yang kedua sama ketiga

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Instagram

Instagram

Statistics


Visit Indonesia

visit indonesia Warung Blogger