Ads 468x60px

Saturday, April 16, 2016

Akhirnya Terkabul, Makan Nasi Gandul

Makan nasi gandul yuks? ajak teman saya. Nasi Gandul? kata gandul mengingatkan saya ketika Mandra narik opeletnya dalam serial Doel Anak Sekolahan di era 90an. "Gandul..gandul..gandul...", teriak Mandra. Saya mengira Nasi Gandul adalah makanan khas dari daerah gandul atau tempat mangkalnya si Mandra pasca narik opelet. Ternyata, semua itu tak ada hubungannya. Nasi Gandul adalah makanan khas dari daerah Pati, Jawa Tengah.

Untuk makan nasi gandul tidak perlu ke daerah asalnya Pati. Di Jakarta ada kok yang menjual nasi gandul ini. Nasi Gandul Bu Endang yang terletak di Jalan Pesanggrahan No. 13 Meruya Illir Jakarta Barat. Memasuki tempat makan ini, mengingatkan saya ketika di Jogja. Tempat makan khas mahasiswa, jangan harap ada AC, smoking area dan non-smoking area disini. Tempat parkirnya-pun menumpang di bahu jalan. Kalau parkir motor menumpang trotoar deh, maaf ya para pejalan kaki.
nasi gandul ibu endang
Ibu ini yang saya curigai sebagai Ibu Endang

Sekilas Nasi Gandul seperti nasi yang dengan semur daging sapi. Orang awam seperti saya memang melihatnya seperti itu. Nasi Gandul disini disajikan dengan dua macam. Dicampur dengan nasi atau di pisah dengan nasi. Saran saya jangan memesan yang dipisah, nanti kangen (-apacoba). Selain Nasi Gandul, menu lain seperti Nasi Ayam Semarang, Soto Ayam Kemiri, Asem-asem ayam dan daging, Tahu Gimbal, Garang Asem dan masih banyak lagi. Tak banyak cincong, saya pesan Nasi Gandul yang dicampur.

Menunggu makanan datang kita tidak akan bosan lho. Karena di hadapan kita tersaji aneka bacem, perkedel, tempe goreng yang raos pisan (-saya habis 7 pieces, hahaa), otak goreng dan perkedel. Hampir semua lauk tadi saya lahap kecuali otak, padahal menu utama belum tiba.

Atas: Tahu Gimbal, Bawah: Nasi Gandul

Engg...ing...eng.... Nasi Gandul dateng. Rasanya memang mirip seperti semur daging. Hanya saja kuahnya lebih kental sedikit. Taburan bawang gorengnya menambah nikmat cita rasa nasi gandul. Huuuffft....keringat mulai mengucur, bukan karena pedas. Tempatnya yang memang mendukung, karena tak semua sudut ruangan terkena hempasan kipas angin. Jangan lupa tambah lauk pauk yang ada di atas meja, hahaa. Ohhiya, dagingnya benar-benar daging ya. Tidak ada jeroan atau lemak yang disipkan di dalam nasi gandul. Selamat mencoba dan keringetan, hihiii.

Info Nasi Gandul Ibu Endang
Alamat: Jalan Pesanggrahan No. 13 Meruya Illir Jakarta Barat
Buka: 08.00 - 23.00
Peta Nasi Gandul Ibu Endang


2 Comments:

  1. Ngileeer banget deh... nanti kalau ke jakarta nyoba ah...

    ReplyDelete
  2. hadeh dagingnya gede2 gitu enakkkkkkk :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Instagram

Instagram

Statistics


Visit Indonesia

visit indonesia Warung Blogger