Ads 468x60px

Sunday, February 28, 2016

Berburu Badak di Sabang

Badak adalah hewan yang dilindungi di Indonesia. Populasi badak jawa saja yang ada di Taman Nasional Ujung Kulon bersisa 60 ekor saja (-sumber). Berdasarkan fakta tersebut tidak menyurutkan niat saya untuk berburu badak hahaa.
Tenang bro n sis, badak yang saya buru adalah minuman cap badak. Badak adalah merek minuman yang legendaris dari tanah kelahiran saya, Pematang Siantar Sumatra Utara. Badak hanyalah mereknya, bukan bahan baku pembuatan minuman. Sebenarnya badak adalah minuman soda dan sarsaparila.

Minuman ini sudah ada sejak tahun 1916, pabriknya berada di Kota Siantar. Dahulu nama pabrik ini adalah NV Ijs Fabriek Siantar, dengan pemiliknya bernama Heinrich Surbeck yang berasal dari Swiss. Sepanjang perjalanan sejarah pabrik ini telah berganti-ganti pemilik, nama pabrik-pun berubah menjadi PT Pabrik Es Siantar hingga kini.

Di Jakarta, salah satu cafe yang menjual minuman badak ada di Jalan Sabang atau Jalan H. Agus Salim yaitu Sabang 16. Menu yang terkenal di cafe yang buka dari jam 07.00 hingga 23.00 ini adalah kopi dan roti srikaya bukan makanan khas Kota Siantar. Tetapi disini menjual minuman badak. Interior cafe ini banyak di hiasi bingkai-bingkai foto dari beberapa tokoh.
cafe sabang 16
meja ini untuk aku dan kamu *eeaaa
Ada pula rak-rak yang terdapat radio zaman baheula dan jajanan tempo doeloe. Nampaknya jajannya tidak dijual, hanya hiasan belaka. Suasana unyu seperti ini membuat saya berlama-lama nangkring di sini. Ruangan untuk para ahli hisap (-perokok) terpisah dengan yang tidak merokok. Hanya saja, terkadang pintu pemisahnya tidak tertutup rapat, sehingga asapnya bisa menyusup.

A photo posted by bayTIOmo (@baymawarto) on

Sesuai tujuan awal, berburu badak. Maka pesan minuman cap badak. Menu pendukungnya Ice Cream Medan, dan khasnya cafe ini Kaya Toast alias Roti Srikaya. Tapi menu pendukungnya yang pesan teman saya. Saya tinggal minta untuk mencicipinya, hahaa. Minuman badak dengan rasa Sarsaparila, yaa begitula rasanya. Mirip dengan root beer tapi sedikit beda. Kalau di Siantar, minumnya dengan susu kental. Lalu dicampurkan dengan minuman badak, hmmm semacam soda gembira ya. Coba lagi aah, lain waktu. Ehh, ada yang ketinggalan, rotinya enak, srikayanya biasa aja. Sekian! hahaa.

Info Sabang 16
Alamat: Jalan Sabang No. 16, Menteng, Jakarta
Buka: 07.00 - 23.00
Peta Sabang 16


0 Comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Instagram

Instagram

Statistics


Visit Indonesia

visit indonesia Warung Blogger