Ads 468x60px

Sunday, November 29, 2015

Begini Rupaya Bubur Manado Itu

Bubur Manado itu rasanya unik. Bubur ini berbeda jauh dengan bubur yang biasa di jual untuk sarapan di pagi hari. Jadi buang jauh-jauh imajinasi tentang bubur ala Jakarta yang biasa di jual di gerobakan. Tekstur bubur manado masih terlihat seperti butir-butir nasi, buburnya tidak dibuat hancur sama sekali. Mirip Risotto (-masakan italia), hanya saja bubur manado lebih bechek alias berkuah.

Bubur manado berisi jagung, tomat, dan daun gedi. Daun Gedi?! makhluk apa itu? daun ini memang baru pertama kali saya dengar. Daun gedi banyak tumbuh di daerah Indonesia Timur. Dari segi bentuk, daun gedi mirip dengan kangkung. Tetapi kalau dimakan seperti daun bayam dan wangi seperti kemangi. Nah lho, komplit kan! Rasa daun gedi membuat unik cita rasa bubur manado. Apalagi kuahnya yang sedikit dibuat kental, hmm... makanan enak dengan cita rasa unik.

Penampakan Bubur Manado

A photo posted by bayTIOmo (@baymawarto) on


Cita rasa bubur manado yang seperti ini saya cicipi di Beautika Resto. Restoran ini mengawali bisnisnya dari membuka salon yang menjual makanan sebagai bisnis sampingan. Tetapi kini berbalik, bisnis makanan jadi bisnis utama. Itulah kenapa nama resto ini lebih mirip salon daripada restoran. Beautika Resto yang saya kunjungi terletak di Jl. Abdul Muis No. 70A, Tanah Abang, Jakarta. Dua lokasi lainnya yaitu di SCBD dan di Jalan Hang Lekir Senayan.

Restoran ini khusus menjual masakan manado. Beberapa teman yang pernah makan disini mengatakan, masakan disini semuanya pedas. Memang mayoritas masakan disini pedas. Tetapi jangan khawatir, ada penandanya kalau masakan ini tidak terlalu pedas (logo 1 cabai), pedas (logo 2 cabai), atau pedas sekali (logo 3 cabai) ada pula yang tidak pedas sama sekali. Ketika masuk ke resto ini, kita tidak disodorkan menu makanan. Melainkan, menunjuk menu-menu yang sudah tersaji di dalam etalase. Mirip warteg gitu, tunjuk-tunjuk menu yang ada di etalase. Untuk menemami menu-menu makan yang sudah dipilih. Kita bisa memilih nasi putih, nasi merah atau bubur manado yang unik tadi.

Di Beautika Resto, saya tidak hanya makan bubur manado ini. Banyak menu yang dipilih, cumi, cakalang, sop ikan, sayurannya lupa, hahaa. Nah, masih ada dessertnya es kacang merah. Duh sayangnya tidak terdokumentasi es kacang merahnya. Ketika pesan ini, pelayannya sudah menawarkan. "mau pakai duren?" sangat disayangkan, teman makan saya tidak doyan duren. Mencium baunya saja sudah, bereaksinya sesuatu banget. Jadi batal pesan yang pakai duren *cedih*. Jadi saya makan es kacang merah, dengan membayangkan makan dengan duren.

Semua makanan yang saya makan disini enak. Kompensasinya adalah harganya yang juga nikmat. Jika ada niat untuk berkunjung ke Beautika Resto, mesti menunggu tanggal gajian. Kalau mau mencicipi es kacang merah duren, jangan ajak rekan yang alergi dengan duren, hahaa....

Info Beautika Resto:
Alamat: Jl. Abdul Muis No. 70A, Tanah Abang, Jakarta
Buka : 09.00 - 20.00
Telp: 021-3812340
Peta Beautika Resto Abdul Muis

8 Comments:

  1. klo bubur Manado, ibuku sering bikin itu, walaupun bukan orang Manado, hehehe. Gampang kok bikinnya, malah lebih sehat daripada bubur ayam biasa karena bubur Manado lebih banyak sayurnya. Eh, klo bahasa Manado disebutnya tinutuan apa ya.

    ReplyDelete
  2. Daun Gedi itu agak berlendir kalau dimasak Mas, cocok banget jadi bahan campuran untuk Bubur Menado yg Josss :D

    ReplyDelete
  3. Kapan mau icip-icip kemari ah :D

    ReplyDelete
  4. Duh... Kapan yaa bisa menikmati bubur Manado itu? Kataknya enakkk :)

    ReplyDelete
  5. Wah ini kelihatannya enak sekali bubur isinya sayur, boleh dicoba ini..

    Salam kenal dari Lombok :D

    ReplyDelete
  6. Bubur manado dulu sering makan waktu kecil, apalagi kalo pas keluarga besar ngumpul pasti bikinnya Tinutuan (Bubur Manado) dan Bindhe Biluhuta (Jagung siram) harus cobain tuh jagung siram... Masih bertema jagung karena Manado dan Gorontalo masih bersaudara. Hehe..

    ReplyDelete
  7. makanan sehat dan lezat... apalagi dengan sambel terasi+ikan asin

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Instagram

Instagram

Statistics


Visit Indonesia

visit indonesia Warung Blogger