Ads 468x60px

Sunday, January 05, 2014

Peringatan: Rokok Membunuhmu

Dahulu peringatan rokok di dalam iklan rokok sungguh panjang dan bertele-tele. Jika anda masih ingat peringatan rokoknya seperti ini, "MEROKOK DAPAT MENYEBABKAN KANKER, SERANGAN JANTUNG, IMPOTENSI DAN GANGGUAN KEHAMILAN DAN JANIN". Kini, peringatan di iklan rokok berubah menjadi, "PERINGATAN: ROKOK MEMBUNUHMU". Selain perubahan itu tampak juga logo 18+ disebelah peringatannya.
Perubahan peringatan itu memberi kesan tegas bahwa rokok itu benar-benar berbahaya. Saya sudah melihat perubahan peringatan ini sejak 2014. Baik iklan di televisi ataupun iklan di pinggir jalan.
Tetapi menurut kemenkes, pemerintah tidak menginstruksikan pada perusahaan rokok tersebut untuk mengubah kata-kata peringatannya. Perubahan kata-kata tersebut merupakan inisiatif dari perusahaan rokok untuk mendukung PP 109 tahun 2012. (sumber: detik.com). PP tersebut mengatur tentang pengamanan bahan yang mengandung zat adiktif beruba produk tembakau bagi kesehatan.
Dibalik perubahan kata-kata peringatan yang lebih tegas, tersimpan hal yang menyedihkan. Lihat saja gambar iklan di bawah ini. Disamping kata Peringatan: Rokok Membunuhmu tampak Orang sedang merokok dan asapnya. Padahal iklan rokok tidak boleh menampilkan produknya apalagi cara menikmatinya. Tetapi hal ini bisa dimunculkan pada iklan rokok. Gambar 2 tengkorang disamping orang merokok juga sia-sia karena tidak bisa menegaskan bahwa rokok benar-benar bisa membunuh. Peringatan rokok yang sudah baik tercoreng karena disajikan dengan gambar orang merokok. Hadeeh..

Peringatan Rokok Lama


Peringatan Rokok Baru

Sumber Gambar:
www.beirutnightlife.com
Liputan6.com
detik.com

1 Comments:

  1. Hahaa lucu juga ya,,, apa jangan jangan inisiatif tersebut adalah untuk membolehkan tapilnya iklan rokok baik cara menikmati maupun bentuk rokoknya sendiri. Saya kira malah disuruh pemerintah,,, rupanya bukan ya,,

    ReplyDelete

 

Visitors


SEO Stats powered by MyPagerank.Net

Statistics



Visit Indonesia

visit indonesia