Ads 468x60px

Sunday, December 01, 2013

Berbagi File dari Android ke iOS


Memiliki produk buatan Apple memang terkesan wah. Tapi produk-produk Apple terkesan menutup akses dari dan ke produk-produk selain Apple. Untuk file sharing melalui media bluetooth saja tidak bisa dilakukan dari Android ke iOS. Ayah saya memiliki salah satu produk Apple yaitu iPad. Ketika mencoba melalukan transfer file dari Sony Xperia milik saya melalui media bluetooth ke iPad, tidak bisa dilakukan. Saya tanya beberapa rekan, bluetooth di Apple hanya bisa melakukan transfer file dari dan ke produk Apple saja. Saya mencoba mencari aplikasi di google play yang bisa melakukan transfer file melalui wifi. Aplikasi yang saya temukan dan diinstall adalah WiFi File Transfer. Aplikasi ini bisa berbagi file yang ada di Android melalui media wifi. Syarat utama menggunakan aplikasi ini adalah gadget android anda harus bisa Tethering (info lanjut baca wiki -> http://en.wikipedia.org/wiki/Tethering). Lalu, bagaimana cara menggunakan aplikasi ini. Berikut caranya:

1. Install Aplikasi WiFi File Transfer
Langkah pertama yang pasti adalah menginstall aplikasinya terlebih dahulu. Untuk menginstalnya bisa melalui link berikut -> Wifi File Transfer.

2. Aktifkan Tethering di Gadget Android
Untuk mengaktifkan tethering melalui menu Settings > More.. > Tethering & portable hotspot > centang Portable Wi-Fi hotspot

3. Aktifkan Aplikasi WiFi File Transfer
Masuk ke aplikasi yang telah di install. Untuk memulai file sharing, tap Start Button. Kemudian akan muncul IP address yang bisa di akses melalui iOS




4. Koneksikan Gadget iOS ke Tehtering Wi-Fi dari Android
Untuk mengoneksikan ke Settings > WiFi > Choose a Network

5. Akses file Android dari iOS
Buka browser safari untuk mengakses file yang ada di Android. Ketikan IP Address yang sudah didapatkan saat menekan start button pada langkah ke-3. Hasilnya akan seperti di bawah ini.
File di Android
Akses file di Android melalui Safari


Dengan cara ini, file-file di internal storage atau external storage bisa diakses melalui gadget iOS ataupun melalui laptop. Jika membutuhkan pengaman tambahan, bisa menambahkan password saat akan mengakses file-file di android. Caranya masuk ke Wifi File transfer > Settings > Access Password. Selamat Mencoba!!!



1 Comments:

  1. Download app nya di android nya atau di applenya?

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Instagram

Instagram

Statistics


Visit Indonesia

visit indonesia Warung Blogger