![]() |
source: cnet.co.uk |
Keesokan harinya saya mau mencoba kamera dari Lumia 920. Ternyata kamera tidak bisa dioperasikan. Saya cari-cari lagi, mungkin ada setting-annya. Kemudian saya cari-cari di Internet mengenai keanehan Lumia 920 yang baru di beli tetapi kamera dan layar landscape tidak bisa dioperasikan. Hal ini tidak saya temukan di halaman website Indonesia. Tetapi di luar Indonesia hal ini pernah terjadi. Disebuah forum Nokia [LINK] seseorang bercerita mengenai Lumia 920 miliknya yang tidak bisa landscape.
Akhirnya adik saya mendatangi Sentra Ponsel untuk menanyakan kondisi Lumia 920 yang baru di beli. Pihak Sentra Ponsel tidak mau bertanggung jawab atas kondisi Lumia 920 yang tidak bisa landscape & kamera tidak bisa beroperasi. Sentra Ponsel menyarankan untuk ke Nokia Care untuk diperiksa kondisinya. Nokia Care yang dekat rumah saya adalah di Point Square Lebak Bulus. Adik saya membawa Lumia 920 milik ayah saya ke sana. Kami sampaikan keluhan di atas, pihak Nokia Care memeriksanya terlebih dahulu, karena tidak bisa langsung diselesaikan dibawalah Lumianya ke Nokia Care pusat. Dua minggu lagi akan dihubungi oleh Nokia Care mengenai statusnya.
Dua minggu berlalu adik saya dihubungi Nokia Care. Setelah di cek ulang oleh adik saya di sana. Lumia masih tidak bisa auto-rotate. Dibawa lagi ke nokia care pusat dan harus menunggu 2 minggu lagi. Akhirnya tak sampai 2 minggu, sudah dihubungi lagi. Pihak Nokia Care menyatakan, seluruh mesin dari Lumia di ganti total. Karena tidak bisa diperbaiki, untungnya tidak perlu membayar apa-apa. Setelah di coba-coba semua fungsi sudah bisa.
Pelajaran yang bisa dipetik:
- Berhati-hati dalam membeli smartphone bahkan di toko resmi sekalipun
- Coba semua fungsi smartphone yang akan anda beli
- Jangan lupa mencoba perangkat lain yang menjadi bawaan smartphone, seperti charger & headset
- Pastikan ada kartu garansi
awalnya judul tulisan ini "Berhati-hati Membeli Nokia di Sentra Ponsel", kemudian di edit jadi "Berhati-hati Membeli Nokia di Toko Resmi", karena banyak yang protes di komentar. terkesan terlalu menyudutkan sentra ponsel
saya juga pernah pengalaman gitu tapi hp nya bukan nokia, memang sentra hp itu paling pinter mikat konsumen tapi giliran rusak ga mau tanggung jawab
ReplyDeleteternyata pelayanan dari Sentra Ponsel ini buruk juga ya..
ReplyDeleteWah bresiko jg yahhh...
ReplyDeleteextra hati hati nih
Karna di sentra ponsel tidak ada ganti baru dari pusat nya..
ReplyDeletePelayanan di Sentra Ponsel sngat bagus,jika ada keluhan datang ja d hari2 biasa psti dilayani dg sepenuh hati.
ReplyDeletedan jika ada kesalahan dari Smartphone,tu bkn kslahan dri Sentra,tp ksalahan dri Pabriknya
Ga bisa autorotate itu bawaan Windows, bukan salah nokia atau sentra ponsel
ReplyDeletebukan di sentra ponsel doang, semua jg seperti itu, toko hanya menjual walaupun baru 1menit dibeli, toko tetep tidak akan mengganti dan menyarankan ke servis resmi nokia
ReplyDeleteada baiknya sentra ponsel juga memberi tahu kalu yang menagani langsung nokia care,
ReplyDeletedan garansi bukan dari toko atau sentra ponsel, melainkan garansi dari nokia care.
apa pihak sentra ponsel tidak menjelaskan seperti itu?
nah bagaimana juga apabila di suatu kota tidak terdapat outlet nokia care, bagaimana jika terjadi kasus konsumen mengembalikan barang yang cacat pabrik ke toko handphon?
terimakasih
thanks gan info'y. sgt brmanfaat.
ReplyDeletesebelum beli hendaknya di konfrmasi dl dengan pihak penjual..apakah ada garansi toko apa tidak,,,karena tidak semua toko memberi garansi,,,jadi tidak perlu saling menyalahkan,,, pembeli enak yang jual juga enak,,,intinya buat perjanjian dengan pihak penjual ,,agar kalo ada apa kita bisa minta tnggung jawabnya
ReplyDeletePada dasarnya saat membeli check semuanya sebelum di bawa pulang, dan pastikan bahwa pada dus masih tersegel...hal ini berlaku juga bukan hanya di sentra ponsel tetapi juga untuk semua outlet baik toko maupun agent resmi.......itu saja saran saya
ReplyDeletedulu say pernah seperti itu.tapi bermaslah dengan nokia carenya yg ada di MM bekasi.berkali2 hampir 1 bulan lamanya hp berada disana dengan 3x bolak balik yg intinya karna harus dikirim ke pusat.padahal saat di telpon dengan jelas saya katakan tidak mengijinkan dikirim (karna takut makan waktu lagi) tapi tetap aja dikirim.saya marah sampai ebrak meja,tak lama hp sayapun diambil dari belakang dan diberi ke saya dalam keadaa mati total hanya ada sound aja.ternyata hp itu tidak pernah sama sekali dikirim kepusat!!dan mereka dengan lancang mengutak-atik hp tanpa ijin.
ReplyDeletesangat wajar sentra ponsel tak bertanggung jawab. Karena garansi nya garansi nasional alias resmi. Mereka cuma menjual saja,kalo rusak jelas saja harus ke service center.dan memang begitu aturan mainnya.
ReplyDeletebetul sekali itu mas, saya juga pernah mengalami kejadian yang sama, tapi tidak begitu parah hanya sekedar tidak ada headset, kan ngak masuk akal HP nokia ngak ada headset nya, gimana tu heehee
ReplyDeletesaya beli di konter biasa lumia 520,
ReplyDeletenah pas di rmah ternyata tombol kamera gabisa ,trus saya balik ke konternya dan orang konternya nerima komplain ane trus dilanjutin ke orang nokianya,
selang besokannya ane dapet unit baru, ga ganti ganti mesin pokoknya baru hapenya
Sentraponcol masih aja butut..
ReplyDeleteWaduh saya kira kalo di toko resmi sudah terjamin 100%
ReplyDelete