Ads 468x60px

Saturday, April 21, 2012

Marketing PT. Telkom Payah

Hampir setiap bulan telepon rumah saya 0217651XXX mendapat telepon dari Telkom yang menawarkan produknya yang bernama Telkom Speedy. Kalau tidak saya yang menerima teleponnya, anggota keluarga saya yang lain yang menerima. Bulan lalu, sempat saja berbicara agak keras kepada seseorang yang menawakan produk tersebut. "Pak, mohon untuk tidak menawarkan Produk Speedy lagi kepada Kami". Terakhir kali, bulan ini April 2012. Saya di tawari kembali produk yang sama, dengan seseorang yang mengaku sedang PKL (magang).

Perusahaan sebesar Telkom tidak bisa mengelola penawaran produk-produknya kepada pelanggan telkom. Hal ini benar-benar payah. Tidak ada sebuah sistem yang mengatur, bahwa pelanggan X pernah di tawari produk A pada tanggal sekian. Tanggapan pelanggan "menerima produk" atau "menolak produk". Jika menerima produk follow up-nya seperti ini, jika menolak produk follow up-nya seperti ini. Jadi bukannya setiap bulan di hubungi di tawari terus menerus dengan produk yang sama.

Sempat terbesit dalam pikiran saya, Perusahaan sebesar telkom tidak memiliki Sistem Informasi yang khusus untuk marketing. Jika ada penawaran yang sama seperti ini, saya ingin bicara langsung kepada direktur marketing PT. Telkom.

1 Comments:

  1. perusahaan2 di negeri kita masih harus banyak belajar tentang manajemen market yang baik..
    nice share dan semoga kejadian ini menjadi yang terakhir untuk anda

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Instagram

Instagram

Statistics


Visit Indonesia

visit indonesia Warung Blogger