Ads 468x60px

Friday, June 10, 2011

Empat Bulan Penuh Kesan [Season 3]

Sebelumnya...
Kuliah di jurusan Teknik Informatika tapi malas untuk coding, mungkin cuma saya doank kali yakk. Semasa kuliah, saya memang lebih fokus pada matakuliah yang berbau jaringan komputer. Jaringan komputer memang lebih sering berkutat dengan konfigurasi-konfigurasi, jarang sekali yang namanya programming. Tetapi walaupun fokus pada jaringan komputer, tetap tidak boleh melupakan yang namanya programming. Itulah kekurangan saya semasa kuliah (jangan ditiru!!), terlalu asik dengan konfigurasi-konfigurasi segala macam dan menomorduakan programming.

Di tempat training saya (ACE - baca cerita season sebelumnya), yang di ajarkan adalah pemrogaman java yang disandingkan dengan database oracle. Satu setengah bulan pertama memang berat bagi saya untuk mengikuti training karena logika pemrogaman sudah lama tidak saya gunakan. Jadinya ya sedikit terseok-seok, tapi tetap tidak menyerah. Tekad saya, usai training saya harus bisa pemrogaman.

Bulan pertama belajar tentang database Oracle, dari query-query dasar SQL hingga membuat function dan procedure. Bulan kedua dan ketiga lebih fokus pada pemrogaman JAVA, yang katanya sangat Object Oriented Programming (OOP). Bulan terakhir (ke-empat), membuat sebuah aplikasi web dengan java. Jangan berpikir, training yang saya ikuti ini seperti waktu kuliah. Training-nya sangat menyenangkan. AdIns (baca cerita season sebelumnya)  sebagai pemilik ACE, memberikan perhatian penuh kepada trainee-nya. Kami (saya & rekan-rekan trainee) di izinkan untuk menggunakan fasilitas yang ada di kantor AdIns untuk kami gunakan. Seperti Meja Bilyard, Nitendo Wii, XBOX, ruang Karaoke dan kami di beri dana untuk jalan-jalan dengan rekan-rekan trainee ditambah lagi dengan agenda PaintBall bersama.

Ada satu materi training yang sungguh memotivasi saya untuk berubah menjadi orang yang lebih baik lagi, yaitu Basic Mentality (BM). Training ini langsung dibawakan oleh Pak Guntur Gozali selaku President Director dari AdIns. BM dibagi menjadi 4 sesi dimana ada satu sesi yang khusus membahas buku 'Seven Habits'. Materi BM dibawakan dengan santai, ditambah dengan cerita-cerita dari pak Guntur yang terkadang ekspresinya berlebihan ketika bercerita yang sering membuat saya tertawa. Walau begitu tidak lepas dari inti materi yang akan disampaikan.

Setelah 4 bulan berlalu, di akhir April 2011 saatnya pengumuman lulus atau tidaknya kami para trainee. Pengumumannya dilaksanakan saat acara jalan-jalan kami ke daerah Puncak, Cisarua, Bogor.

Bersambung...

2 Comments:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Instagram

Instagram

Statistics


Visit Indonesia

visit indonesia Warung Blogger