Ads 468x60px

Friday, January 21, 2011

Tips Naik Bus Trans Jakarta

Seminggu sudah menjalani rutinitas menggunakan bus trans Jakarta yang lebih tenar dengan bus way. Meskipun sebenarnya salah kaprah, bus way adalah jalur bus-nya sedangkan moda transportasinya adalah Bus Trans Jakarta. Tetapi walaupun salah kaprah ini sudah menjadi hal yang lumrah, maka dari itu dalam tulisan inipun lebih baik menggunakan kata bus way saja daripada kata bus trans Jakarta.
Dari hasil pengamatan selama 6 hari, ada beberapa tips agar naik busway dengan nyaman:
1. Berangkat Lebih Pagi
Bagi pelanggan busway berangkat lebih pagi busa menghemat ongkos, karena busway mulai dari pukul 05.00 sampai pukul 07.00 hanya membayar Rp. 2000. Sedangkan untuk pukul 07.00 – 22.00 membayar Rp. 3500. Lumayan busa irit 1500. Jika busa berangkat lebih pagi.

2. Duduk Di Samping Supir
Nah, ini ada tips buat anda yang naik busway sudah penuh sesak. Ada satu tempat yang biasanya menjadi favourite orang-orang yang tidak dapat tempat duduk yaitu, duduk disamping tangga turun di sebelah kiri supir busway. Tempat ini cukup menampung 2-3 orang

3. Pindah Ke Bus Belakang
Busway jika sedang banyak armadanya, satu jalur bus busa berjajar depan dan belakang. Jika anda berada di bus depan yang penuh sesak, dan anda melihat busway tepat dibelakang anda masih kosong. Saya sarankan untuk pindah bus ke belakang. Caranya, turun di halte terdekat, kemudian jangan keluar halte tersebut. Tetapi menunggu bus yang ada di belakang berhenti di halte tersebut kemudian anda naik lagi.

4. Utamakan Ibu-Ibu & Orang Tua
Naik busway bukan hanya sekadar menuju tempat tujuan anda. Tetapi bisa juga menjadi ladang amal. Jadi ketika ada ibu-ibu atau orang tua masuk busway dan tidak mendapatkan duduk. Sebaiknya anda mempersilakan mereka untuk duduk. Jika anda ikhlas mempersilakan mereka duduk, InsyaAllah itu bisa menjadi pahala bagi anda.

Itulah beberapa tips menggunakan busway agar anda tetap nyaman menggunakan bus trans Jakarta.

2 Comments:

  1. Kangen sama Bus Trans Jakarta...

    ReplyDelete
  2. bener tuh. tapi ada yg kurang.. kalo ngantri penuh sesek jangan baris ke belakang, tapi disamping aja. biar cepet naik. huehehe.. *pengalaman*

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Instagram

Instagram

Statistics


Visit Indonesia

visit indonesia Warung Blogger