Ads 468x60px

Friday, September 24, 2010

Tanya Jawab Seputar Psikotes

Pada tahapan seleksi penerimaan karyawan baru di sebuah perusahaan, psikotes menjadi salah satu syaratnya. Beberapa kali sudah saya pernah mengikuti psikotes. Ada yang membuat pertanyaan saat mengerjakan psikotes, yaitu pada saat test menggambar. Saya binggung apa yang sebenarnya di cari saat mengerjakan test menggambar. Akhirnya saya tanyakan ke lembaga career center, dimana saya menjadi anggotanya. Ternyata disana sudah ada beberapa pertanyaan dan jawaban menyangkut psikotes khususnya bagian test menggambar. Berikut beberapa pertanyaan dan jawaban yang saya ambil:
 


T : Bagaimana Cara menghadapi setiap tes psikotes?? Mohon Informasinya.. Terima kasih...

J : Tes psikologi atau psikotes bertujuan untuk mengetahui kemampuan atau potensi yang ada dalam diri seseorang. Kerjakan psikotes semaksimal mungkin, perhatikan instruksi tes, dan jaga kondisi saudara agar tetap fit ketika mengerjakan tes. Saran kami, persiapkanlah diri anda sebaik mungkin sebelum psikotest, pastikan anda dapat mengerjakan tes tersebut dengan tenang dan konsentrasi, perlu diperhatikan, bahwa psikotest mempunyai waktu pengerjaan yang terbatas . Latihlah konsentrasi tersebut dalam keseharian anda. Jangan ragu untuk mengikuti workshop dan seminar tentang psikotest atau seleksi kerja. Practice makes perfect. Semoga sukses


T : Gambar pohon, rumah, dan orang yang bagaimana untuk macam-macam kriteria karakter pencari kerja yang dibutuhkan perusahaan?

J : Gambar pohon, rumah dan orang yang anda maksud termasuk dalam tes kepribadian dalam bentuk menggambar. Tes menggambar ini bertujuan untuk mengetahui kepribadian dari seorang calon karyawan. Tidak ada yang benar dan salah dalam tes ini, yang dinilai adalah kesesuaian antara kepribadian calon karyawan dengan job desk yang tersedia di perusahaan tersebut. Sedangkan criteria calon karyawan yang diinginkan oleh perusahaan, hal itu disesuaikan dengan kebutuhan dalam perusahaan tersebut. Tentunya kebutuhan suatu perusahaan akan berbeda dengan perusahaan yang lainnya. Saran kami, gambarlah sesuai dengan apa yang ingin anda gambar dan jangan membuat rekayasa dalam gambar tersebut. Nantinya apabila anda mencoba merekayasa, dan ternyata kepribadian anda tidak sesuai dengan apa yang ada dalam gambar maka hal itu akan berpotensi menghambat karier anda pada saat bekerja di perusahaan tersebut nantinya. Biasanya perusahaan akan terus memberikan evaluasi kinerja pada karyawan dan hal tersebut dicocokkan pula dengan database karyawan yang ada.


T : saya sudah beberapa kali mengikuti psikotes, saya pernah disuruh menggambar pohon, menggambar gurita, menggambar pemandangan, menggambar orang. maksud dari menggambar itu apa? dari psikotes terima kasih

J : Tujuan dari tes menggambar adalah untuk mengetahui karakter atau kepribadian dari orang yang menggambarnya. Bagi individu yang tidak memiliki kemampuan menggambar, hal tsb tidak masalah karena bagi yang memiliki kemampuan menggambar maupun yang tidak adalah tidak berpengaruh. Maka, gambarlah sesuai kemampuan dan jangan direkayasa karena hasil yang ada akan menunjukkan bagaimana kepribadian anda sebenarnya.


T : 1. Bagaimana contoh gambar yang baik, jika saat tes psikologi disuruh untuk menggambar pohon, orang? jika ada tolong berikan gambarnya.. 2. Hal-hal apa saja yang harus diperhatikan saat kita menggambar?

J : Untuk psikotest gambar atau grafis sebaiknya anda menggambar sesuai kemampuan anda, jangan dibuat-buat, dan ikuti instruksi yang diberikan karena hasil dari tes gambar akan mencerminkan kepribadian dari orang yang menggambar tersebut. Yang perlu diperhatikan hanyalah instruksi yang diberikan. Pohon apa saja yang tidak boleh dan boleh digambar.

Demikianlah, beberapa cuplikan tanya jawab seputar psikotes. Semoga bermanfaat bagi anda yang membaca. Dan semakin percaya diri untuk mengerjakan psikotes. Semoga Sukses!!!

1 Comments:

  1. Saya tertarik dengan tulisan anda mengenai Psikotest. Psikotest merupakan salah satu hal yang penting dalam melihat perkembangan manusia yang diberikan dari hasil test itu. Untuk mencoba psikotest anda dapat mencoba psikotest pada link Psikotes Gunadarma

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Instagram

Instagram

Statistics


Visit Indonesia

visit indonesia Warung Blogger