Ads 468x60px

Monday, April 26, 2010

Memilih Universitas Impian

Memilih, hanya sebuah kata sederhana. Tetapi sangatlah sulit untuk menentukan pilihan. Ketika SD, tempat kita bersekolah dipilihkan oleh orang tua. Terkadang ketika masuk SMP-pun orang tua masih mempunyai andil yang besar untuk memilihkan tempat dimana akan melanjutkan sekolah kita. Tetapi semenjak lulus SMP, mulailah muncul sebuah pilihan. Apakah harus melanjutkan ke SMA atau SMK? Disinilah kita mulai belajar untuk mengambil keputusan yang terbaik untuk diri sendiri. Terlebih lagi setelah lulus SMA, tidak hanya sekadar dua atau tiga pilihan. Tetapi begitu banyak pilihan dihadapan kita, mulai dari puluhan Program Studi di Universitas, hingga Universitasnya itu sendiri sebagai tempat kita melanjutkan studi. Disini seorang siswa harus jeli dalam memilih, sehingga tidak ada kata menyesal dikemudian hari.

Sebelum memilih Universitas dimana tempat kita kuliah, ada hal yang lebih penting dari sekadar memilih universitas, yaitu memilih program studi. Karena fokus kita melanjutkan kuliah adalah mempelajari program studi yang kita pilih. Ada beberapa tips yang bisa membantu dalam memilih program studi:
Pertama, pilihlah program studi sesuai minat pribadi. Janganlah tergantung lagi pada orang tua untuk memilihkan program studi di unversitas. Orang tua masih diperlukan untuk konsultasi dan diskusi mengenai program studi tetapi keputusan tetap ada pada anak. Kedua, mengukur kemampuan pribadi. Memilih program studi sebenarnya tidaklah sulit. Hanya tinggal mengukur kemampuan pribadi saja. Kita mampunya dibidang apa? Teknik, Eksakta, Sosial, atau Ekonomi. Lebih mudah lagi jika mengukur kemampuan saat SMA lebih fokus ke IPA atau IPS. Terakhir, cari tahu mata kuliah yang akan dipelajari. Memang hal ini terkesan terlalu dini untuk mengetahui hal tersebut. Tetapi dari sinilah kita bisa menilai apakah program studi ini benar-benar cocok dengan diri kita dan ketika sudah masuk ke dunia perkuliahan mudah untuk beradaptasinya.
Setelah menentukan program studi barulah saatnya menentukan universitas. Pilihlah universitas yang menyediakan program studi yang telah dipilih. Hal yang paling umum kalau mencari sebuah universitas pastilah dari Akreditasinya. Apakah sudah terakreditasi atau belum? Jika sudah terakreditasi berapa akreditasinya. Hal ini memang penting, tetapi kita tentunya perlu tahu hal lainnya dari sebuah universitas. Prestasi apa yang sudah didapat universitas tersebut. Cari tahu peringkat universitas tersebut di Indonesia, sudahkah berstandar International dengan bersertifikat ISO, dengan perusahaan apa universitas tersebut bekerja sama untuk menunjang jalannya perkuliahan. Berhubung sekarang zamannya IT, pilihlah universitas yang sudah menggunakan IT untuk mempermudah jalannya perkuliahan. Biasanya universitas yang sudah menggunakan IT sebagai layanannya, menyediakan layanan pengisian SKS Online, layanan e-mail untuk mahasiswa, layanan e-learning dan lainnya.
Kemudian, barulah kita melihat program studi yang kita pilih di universitas tersebut. fasilitas pendukungnya bagaimana? Perpustakaannya, Laboraturiumnya hingga Dosennya. Kalau perlu cari tahu lulusan dari program studi dari universitas tersebut sudah berhasil dimana saja, hal ini untuk menambah keyakinan kita supaya tidak salah memilih program studi. Sampai pada tahapan ini masih ada hal yang harus diperhatikan dalam memilih universitas yaitu lingkungan. Hal ini tidak kalah pentingnya bagi mahasiswa yang akan berkuliah jauh dari orang tua. Dimana harus tinggal, apakah harus tinggal di kos atau tempat saudara, apakah suasananya mendukung untuk belajar atau tidak. Jangan salah memilih lingkungan sehingga kita tidak bisa fokus terhadap kuliah.
Jadi secara umum untuk memilih universitas ada tiga tahapan, pertama memilih program studinya, kemudian memilih universitas berdasarkan prestasinya serta layanannya, terakhir memilih lingkungan yang mendukung untuk belajar. Setelah melalui semua tahapan tersebut, jangan lupakan biaya yang dibutuhkan untuk semuanya itu. Jangan sampai universitas yang kita inginkan hanya menjadi sebuah universitas yang ada dalam mimpi saja.

2 Comments:

  1. Sayang biaya kuliah sekarang makin mahal, Tiap tahun pasti naik.

    ReplyDelete
  2. salam kenal,
    postingannya mantap,
    semoga sukses,

    salam.

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Instagram

Instagram

Statistics


Visit Indonesia

visit indonesia Warung Blogger