Ads 468x60px

Wednesday, August 19, 2009

Progress Report Tugas Akhir Berjalan Lancar

Alhamdulillah, progress report dari tugas akhir saya berjalan lancar. Progress adalah kewajiban bagi mahasiswa Jurusan Teknik Informatika Universitas Islam Indonesia yang sedang mengerjakan tugas akhir. Pelaksaannya adalah tigabulan setelah proposal tugas akhir disetujui oleh pihak jurusan. Persiapan untuk melaksanakan tugas akhir baru malam hari tanggal 17 Agustus sedangkan pelaksanaan progress adalah besok pagi tanggal 18 Agustus. Karena pas tanggal 18 Agustus, sempat ngupdate plurk yang isinya kalau misteri kamar 1808 jw marriot sudah terpecahkan, karena ada hubungannya dengan tanggal progress saya yaitu tgl 18 bulan 08, hahaa, terlalu maksa sepertinya.
Okay, kembali ke topik utama, persiapan untuk progress hanya membaca-baca kembali bab 1 yang saya kerjakan serta membuat slide presentasi. Berhubung masih ada kaitannya dengan hari kemerdekaan, slide saya design dengan warna background merah dan putih. Mencontoh dari progress rekan-rekan saya, isi slide hanya sebagian bab1 dan bab3 serta kemajuan dari tugas akhir saya sampai mana.
Oiya, ada alasan yang paling penting. Mengapa baru mempersiapkan pada malam hari, karena seharian saya bermain game yang baru saya download yaitu “Plants vs. Zombies” memang terkesan seperti game-game kecil pada umumnya tetapi sekali main membuat penasaran ingin langsung menyelesaikan setiap round dari game tersebut. Hahaa, alasan seperti ini dibilang penting.
Setelah slide jadi, baca-baca sebentar langsung tidur. Besok paginya harus siap-siap. Berhubung tugas akhir saya berhubungan dengan VoIP, jadi sebisa mungkin akan saya demokan bagaimana kemajuannya. Karena untuk mengakses VoIP servernya membutuhkan paling tidak 2 buah client. Maka dari itu sebelumnya saya sudah menghubungi rekan saya Rochmad untuk membantu men-demo-kan VoIPnya.
Jadwal progress mulai pukul 0930, tapi 0830 saya sudah tiba dikampus untuk mengecek server saya yang ada dileb. Apakah bisa berjalan atau tidak. Coba sana coba sini, kencangkan kabel LAN, coba ngeping plus ngeremote n simulasi sederhana dengan client. Tak ada rintangan ternyata.
Hari-hari sebelum progress dimulai, sempat pamer dengan rekan-rekan di LPM Profesi. “Jangan lupa datang waktu saya progress”. Awalnya memang hanya mau pamer doank, hahaa, tapi tanggapan teman-teman LPM Profesi seolah serius mau datang semua, begitu yang terlihat dari komentar-komentar di Facebook. Apalagi ada tiga orang teman yang sudah confirm mau datang, yaitu Septa, Rochmad, dan Dhoni. Dogh, jadi deg-degan justru klo dilihat teman sendiri. Sehabis dari lab, menunggu di ruang 02.06, woooh, Rona, wapemred LPM Profesi datang. Sempat buang muka pura-pura gak liat. Siapa tau ikuta progress diruang lain, hahaa. Ternyata ke ruang 02.06.
Kebiasaan orang Indonesia atau memang ada kegiatan lain, progress baru dimulai pukul 10.00. Semua yang akan progress atau yang hanya menonton progress masuk ke ruang. Sempat berkata dalam hati, huff, hanya Rona yang datang. Kemudian dosen pengawas yaitu Pak Jarwo dan Ibu Ami, mengabsen siapa saya yang hadir untuk presentasi kemajuan tugas akhirnya. Weks, tak lama PU LPM Profesi Fathul Yasir datang. Saya jadi merasa terhormat diperhatikan sama atasan saya di LPM Profesi, hahaa, terlalu menjijikan kata-katanya.
Pada progress ini saya mendapatkan urutan ke-7, untuk presentasi kemajuan tugas akhir saya. Sempat deg-degan juga karena baru satu mahasiswa yang mau, ibu ami sudah banyak berkomentar, memang untuk kebaikan tugas akhir tersebut, tapi agak bernada keras gitu deh. Akhirnya sampailah pada giliran saya presentasi. Cepat saya presentasinya, karena tak sabar mau langsung demo trus kelar deh. Saat giliran saya yang presentasi Ibu Ami memang tidak banyak berkomentar, karena spesialisasi Ibu Ami adalah Sistem Informasi sedangkan Pak Jarwo adalah Jaringan Komputer, memang lebih banyak Pak Jawro yang berkomentar. Dengan ini, presentasi saya pun sudah usai, tak lupa saya mengucapkan terima kasih kepada Ibu Ami dan Pak Jarwo serta rekan-rekan yang hadir.
Usai progress, Fathul Yasir berkomentar, “tapi komentarnya lupa saya, hahaa…”.

4 Comments:

  1. wakakaka
    tersanjung saya disebut sbg atasan

    kan ak udah janji mo datang, ya pasti datang dong. setia kawan gitu..
    *padahal skalian mau bimbingan sama bu Ami hahaha

    untung kmu g presentasi awal yok, klo awal bakal keder semua tuh yg mo progress
    mantap lah pokoknya

    komenku waktu itu: ngeri yok TA-mu hahahaha

    ReplyDelete
  2. oooh iya itu dia komentarnya :))

    ReplyDelete
  3. mas tiyok. selamat ya... smg lulus nilainy lumayan lah...
    hehehehehe.....

    sori gag dateng, cz ada arisan RT :D

    ReplyDelete
  4. =)) arisan RT...

    waah, klo lulus mah masih jauh, progress report itu cuma laporan sementara, klo lulus itu namanya pendadaran

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Instagram

Instagram

Statistics


Visit Indonesia

visit indonesia Warung Blogger