Ads 468x60px

Friday, January 09, 2009

Siaran dan Perpisahan

Bagi pendengar setia unisi radio Jogjakarta, pasti sudah tidak asing lagi dengan acara IT-Channel pada jumat malam jam 20.00 WIB. Acara yang membahas seputar perkembangan dunia IT ini selalu di isi oleh teman-teman asisten dari Laboraturium Terpadu Jurusan Teknik Informatika. Kali ini yang berkesempatan untuk mengisi adalah Laboraturium Sistem dan Jaringan Komputer (SisJarkom), yang di wakili oleh diriku, rochmad, dan dhoni, dengan tema sisi lain google.

Cakupan bahasannya adalah bahwa google tidak hanya sebagai web yang menyediakan layanan search engine. Tetapi juga menyediakan layanan email dengan Gmail-nya, layanan album photo dengan Picasaweb-nya, layanan blog dengan Blogger-nya, layanan video dengan YouTube-nya, layanan aggregator dengan Google Reader-nya, layanan office online dengan Google Docs-nya, layanan chating dengan GTalk-nya, dll. Kesemua layanan itu bisa dinikmati hanya dengan satu account saja. Yakni hanya tinggal mendaftarkan email di google di alamat mail.google.com. Jika telah memiliki google account maka kita dapat menikmati semua layanan yang disediakan oleh google.
Selain layanan yang berbasis web di atas, google juga menyediakan layanannya berupa desktop base, diantaranya Picasa yang menyerupai ACDsee, GTalk yang menyerupai Y!Messenger, Google Chrome yang menyerupai Mozzila, Google Earth yang dapat melihat dunia hanya dari satu komputer saja. Untuk men-download-nya, kita dapat mengetikan keywordnya di mesin pencarian google saja. Berhubung saya tidak begitu hafal mengenai link-link-nya.

Untuk memperoleh google account, saat ini sangat mudah karena bisa langsung mendaftar. Tidak seperti saat pertama kali Gmail di luncurkan. User tidak bisa mendaftarkan langsung, harus melalui invite dari teman, serta cara mendaftarkannya sangat rumit, harus menggunakan nomor ponsel segala. #klo ada yang mau saya invite silakan komentsmile.

Sebenarnya layanan google lainnya masih banyak seperti Google Pages yakni google menyediakan storage 100mb untuk si user membuat web sendiri, Google Site mirip dengan google pages, tetapi lebih mudah, user hanya tinggal menggunakan template-template web yang sudah disediakan oleh google. Satu lagi yakni Google Webmastertool, layanan ini disediakan untuk melihat traffic dari web atau blog yang kita kelola. Misalkan, keyword apa saja yang sering di cari pada google sehingga rank web atau blog yang di kelola semakin meningkat.

Wah,ceritanya lebih panjang dari pada siarannya. Siaran yang biasanya di temani oleh mas Andan sang laboran. Kali ini hanya di temani sebentar saja dan mas Andan menemani teman-teman asisten Lab. Terpadu untuk terakhir kalinya. Karena mulai bulan februari mas Andan sudah tidak bertugas lagi di Lab. Terpadu, kemudian tugasnnya akan digantikan oleh mas Fahmi. Terima kasih mas Andan yang sudah membatu teman-teman di Lab. Terpadu, yang sudah membantu mahasiswa dan LPM Profesi untuk pinjam viewer, yang sudah membantu hitung-hitungan vakasi, hee. Semoga di Jakarta sana, mas Andan sukses.

9 Comments:

  1. och begituch...
    invite lah aq bay...

    ReplyDelete
  2. huhuhu... mas Andan mo pigi... :((

    ReplyDelete
  3. siap, gur...
    udah ku invite...:D

    ReplyDelete
  4. wew ketinggalan niy si Gur, hari gini ga punya akun google :))

    Owh mas Andan mo k Jakarta y? Baru tahu niy. Saia juga banyak terbantu sama ms andan karena selama KKN sdh bbrp kali pinjam viewer, dan bonusnya saia jd tahu rumah dia de..

    slmt jalan mas andan, smg sukses d jakarta sanah...

    ReplyDelete
  5. =))
    hbat masnya...

    ReplyDelete
  6. waduw ada makhluk asing koment dblogku..
    :D

    ReplyDelete
  7. wah mas kok nggak jadi masukin foto sama mas andan di postingan siaran dan perpisahan :D

    ReplyDelete
  8. awalnya memang seperti itu..hanya saja saya tidak narsis.. n dipoto itu jugak ada poto anda bang rochmad jadinya niat itu saya urungkan.. :D

    ReplyDelete

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 

Instagram

Instagram

Statistics


Visit Indonesia

visit indonesia Warung Blogger